Info Sekolah
Rabu, 30 Nov 2022
  • Selamat Datang di Website MTsN Kota Singkawang
30 Oktober 2022

Mengenal Tujuan Kurikulum Merdeka, Pahami Bedanya dengan Kurikulum Sebelumnya

Minggu, 30 Oktober 2022 Kategori : Pendidikan

Tujuan kurikulum merdeka penting diketahui para pengajar dan peserta didik.Salah satu tujuan kurikulum merdeka ialahmengembangkan potensi peserta didik. Selain itu, masih ada tujuan kurikulum merdeka lainnya.

Kurikulum merupakan seperangkat peraturan yang berisi tujuan, isi, dan bahan pelajaran sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Adanya kurikulum bertujuan untuk mencapai pendidikan yang lebih berkualitas. Begitu juga dengan tujuan kurikulum merdeka.

Di Indonesia sendiri pernah mengalami pergantian kurikulum beberapa kali, yang sudah dimulai sejak tahun 1947. Bulan Februari 2022 lalu, Mendikbudristekmeluncurkan kurikulum baru dengan nama Kurikulum Merdeka.

Berikut tujuan Kurikulum Merdeka dan penjelasannya yang Merdeka.com lansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

Pengertian Kurikulum Merdeka

Dalam dunia pendidikan, kurikulum menjadi hal yang sangat penting. Tanpa kurikulum yang tepat, para pelajar tak akan memperoleh target pembelajaran yang sesuai. Tentu saja, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di eranya masing-masing.

Pada Februari 2022 lalu, Kemendikbudristek resmi luncurkan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Para pelajar dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai passion yang dimilikinya.

Secara umum, kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik mempunyai waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Nantinya, guru memiliki kekuasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Kurikulum ini untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Yang mana proyek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar