Info Sekolah
Rabu, 01 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website MTsN Kota Singkawang
6 Januari 2023

Evaluasi Kinerja, MTs Negeri Singkawang Jalani PKKM

Sebagai upaya meningkatkan kualitas madrasah, Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan evaluasi kinerja madrasah melalui kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs Negeri Singkawang untuk tahun kinerja 2022 dilaksanakan pada hari Kamis (05/01/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam, Aliyansah.

Pria yang akrab disapa Pak Ali itu dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan dan empat tahunan.

“PKKM adalah kegiatan Penilaian secara berjenjang. Jika sudah dilakukan penilaian secara berjenjang, berarti segala kegiatan dan efiden, bukti-bukti dukung ‘mau tidak mau’ harus kita siapkan. Dengan adanya kegiatan yang menghadirkan eviden secara rutin dan berjenjang maka InsyaAllah dapat mendukung peningkatan mutu Madrasah, itu yang di harapkan”, jelasnya.

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama dan satu komponen tugas tambahan. Empat tugas utama kepala madrasah yang meliputi usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dinilai setiap tahun dan satu komponen tugas tambahan dinilai perempat tahun sekali.

Ajat Sudrajat, selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Singkawang dalam sesi acara pembukaan, dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang dan terimakasih banyak kepada tim penilai PKKM atas kedatangannya di madrasah.

“Semangat dari PKKM ini adalah untuk bagaimana mewujudkan madrasah kita yang lebih baik, semakin lama semakin baik artinya bagaimana kita bisa mewujudkan madrasah yang mandiri berprestasi, hebat bermartabat dan bukan hanya wacana.”

Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala Bidang Akademik, Bidang Kesiswaan, Bidang Humas dan sarana Prasarana, serta beberapa guru lain.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan penilaian oleh tim penilai  yang terdiri dari pengawas madrasah di lingkungan kementerian Agama Kota Singkawang, yaitu H. Ehwan, Hj. Idawati, dan Andi.

Setelah selesai penilaian berkas, dilanjutkan pemberian arahan secara umum oleh tim penilai dari pengawas (H. Ehwan, Hj. Idawati, dan Andi) dan mengapresiasi kinerja yang sudah dilaksanakan, bahwa secara umum sudah terdapat peningkatan kinerja secara signifikan dibandingkan dengan sebelumnya.

“Dalam penilaian ini kami bukan hanya semata-mata menilai tapi sekaligus membimbing.” Ujar Ehwan selaku ketua tim penilai. (Admin)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar